Pelatnas 1 TOKI 2017 Part 1

Yay, karna kayaknya belum ada anak pelatnas taun ini yang nulis blog tentang pelatnas (setau saya , kalo ada maap :'v ) , maka saya yang mulai deh xD. Jadi Tanggal 22 Agustus, saya dapat kiriman email dari PSMA yang isinya ya pemanggilan peserta pelatnas di Bandung. Yang berlangsung dari tanggal 25 Septermber - 24 Oktober. Mendekati pelatnas makin banyak kiriman email masuk seperti akan ada PJJ tepat seminggu sebelum pelatnas , lalu adanya pemberitauan untuk membawa payung karena di Bandung sedang musim hujan (?). PJJ pelatnas saya dilalui dengan lumayan buruk dan seperti biasa ada FWP disana yang mengimba karna dalam 2/3/4 hari semenjak keluarnya PJJ , dia sudah AC semua m(_ _)m.


 Day 1 (25 September 2016)

Saya berangkat dari Batam dengan pesawat jam 12 bersama anak astro yang juga pelatnasnya kebetulan di Bandung. Tiba di Bandung , saya nunggu sekitar 30 menit di bandara karna pesawat Yehezkiel kebetulan juga waktu sampainya dekatan lalu pergi ke penginapan bersama. Untuk taun ini penginapannya di Dago Hills , tiba di Dago Hills , check in dulu dan katanya kamar untuk twin bedroom udah habis jadi yang ada cuma double bedroom dan terpaksa aku harus bersama Steven K gay satu kamar dan juga satu ranjang. Habislah hidupku dalam 1 bulan ini pikirku. Dan kegilaanya akan diceritakan hari per hari kalo saya masih ingat :'v. Kus(Steven K, biar lebih singkat karna kalo mau nulis nama Steven harus ada K nya karna entar jadi ambigu) baru tiba di Bandung sekitaran jam 4 sore. Kami dapat pemberitahuan bahwa makan malam sudah tersedia jam 6 dan juga setelah makan malam bakal ada briefing.  Di Briefing tersebut dijelaskan beberapa tata tertib yang harus ditaati selama di ITB. Setelah briefing, ada game yang katanya bertujuan untuk lebih mengenal para peserta pelatnas. Gamenya kayak bingo , dan di tiap kotak tersebut ada teks yang harus ditandatangi oleh orang yang sesuai dengan teks tersebut , cth : Bisa phyton , maka kotak tersebut harus ditandatangani oleh orang yang bisa phyton . Sebenarnya kurang tertarik sama game ginian ya jadi akhirnya tandatanganku sangat sedikit :v . Lalu didapatkan 5 pemenang tercepat. Ke 5 pemenang tercepat diberikan hadiah ada yang berupa makanan dan minuman . Dan untuk pemenang tercepat akan diberikan sesuatu yang lebih dari apapun. Yaitu , tiket langsung lolos ke pelatnas 2(Ketua Kelas) . Dan FWP pemenangnya

FWP terlalu gembira hingga terjatuh karena tau ia dapat golden ticket lolos ke pelatnas 2 jadi ketua kelas
Day 2 (26 September 2016)

Yups, Hari ini hari pertama pembelajaran tapi sebelum itu tentau ada satu hal yang harus selalu ada dalam pelatnas. Yup , Pembukaan pelatnas. Kami disuruh berkumpul jam 7 pagi dan naik angkot bersama sama menuju Wisma Kartini yang bakal jadi tempat pembukaan pelatnas bagi yang berpelatnas di Bandung. Pembukaan pelatnas ini sedikit telat. Siap dari pembukaan kami langsung ke ITB , materi hari ini adalah materi tentang pemrograman prosedural yang dibawakan sama Bu Inge tapi akhirnya gk siap dan dilanjutin keesokan harinya.

Day 3 (27 September 2016)

Seperti hari sebelumnya angkot sudah tersedia jam 7 pagi dan makan pagi sudah tersedia jam 6 pagi. Di ITB materi hari ini adalah tentang pointer yang dijelasin oleh Bu Inge , setelah itu ada istirhat bentar dan dilanjutkan dengan materi LINUX dan Complexity analysis oleh kak Jonathan Christopher. Setlah itu kami digirin ke Mushola Kayu (Mushkay) untuk diberikan soal latihan. Di Mushkay ini juga terdapat makanan yang berlimpah karena snack dll ditaruh disini. Soal Latihan Hari ini ada 4 , 2 Dari soal PJJ dan 2 lagi dari soal OSN beberapa taun lalu seperti Menjinakkan Bom (OSN 2016) dan Batas Nilai (OSN 2012) . Sialnya hari ini saya AC cuma 2 soal ._.  .

Day 4 (28 September 2016)

Kegiatan kurang lebih hampir sama setiap harinya yaitu bangunpagi->makan->angkot->materi->latihan->pulang ke hotel. Materi Hari ini dibawakan oleh Kak Turfa tentang Math. Lupa saya beritau sebelumnya bahwa diskusi soal hanya diperbolahkan setelah jam makan saat jam 12 siang. Sebelum waktu itu diskusi tidak diperbolehkan. Untuk Soal latihan hari ini ada 1 soal yang belum terpecahkan hingga 2 jam terakhir . 3 Soal lainnya sudah terpecahkan semua. Satu persatu ide gile bermunculan seperti saya yang mencoba precom bilangan prima hingga 10^8 tapi pada kenyataanya malah bikin laptop saya lag sendiri ._. . Dan tiba-tiba keajaiban datang , Dhipta berhasil AC , semua pun bingung dan ternyata Dhipta menggunakan sieve yang telah dimodifikasi. Sejak saat itu sieve tersebut dikenal dengan "Sieve Of Dhipta" . Btw untuk soal ini saya mempelajari bahwa Bitset itu lebih ringan dan juga lebih cepat (?) dari array of bool.

Day 5 (29 September 2016)

Materi hari ini masih tentang basic math dan juga dibawakan oleh Kak Turfa. Kalo gk salah hari ini , latihan diadakan di Lab. Hampir sama seperti kemarin . Ada aja soal dewo yang tak bisa diselesaikan hingga menit menit terakhir. Tiba-Tiba ada yang AC. Yups orang itu adalah FWP yang imba. Semuanya langsung mengerumuni FWP meminta pencerahan darinya. Setelah beberapa lama mencerahkan terdapat suatu kalimat yang diucapkan oleh seseorang.
"Eh liat di Scoreboard , Nilai FWP Jadi 0" (kurang lebih gitu la).
Semua langsung balik ke laptop masing masing dan mereload scoreboard. Dan ternyata ada Announcement yaitu time limit dikurangi. FWP langsung lemas tapi yang lain tetap maksa minta diajar oleh FWP.  FWP kembali mengajarkan walaupun dengan muka yang suram xD. Tiba tiba ada yang ngomong
"FWP jadi AC lagi" Semua pun panik dan kembali ke laptop masing masing dan ternyata ada announcement lagi
"Setelah berdiskusi, kami (tim SC) memutuskan untuk berbaik hati dan mengembalikan Time Limit untuk soal ini menjadi 2 detik. Seluruh pengumpulan telah dinilai ulang. Cek kembali nilai Anda. Mohon maaf." . FWP kembali mengajarkan walaupun aku tak mengerti sama sekali solusinya ._. .

Malamnya karena tau repeating submission untuk soal menjinakkan bom dipenuhi oleh anak pelatnas :v .

Day 6 (30 September 2016)

Hari ini sedikit berbeda dari biasanya karena hari ini gak ada materi . Adanya diskusi , diskusinya tentang pembahasan soal-soal yang telah dikerjakan . Setelah pembahasan dilakukan repeating. Disini aku kesusahan AC in soal Blokade Dengklek (soal yang diAC in FWP sehari sebelumnya) . Pas Salat jumat terdengar kata kata "Main ToS yuk" . Tapi Wacana hanyalah sekedar wacana :v , gk ada yang main pada akhirnya dan saya juga waktu itu masih belum AC. Siap dari repeating hari ini ada Toki Open Contest yang harus diikuti oleh semua peserta pelatnas. Pertama baca soal A , mikir bentar lalu tau ini greedy . Ngoding WA sampai beberapa kali akhirnya baru sadar kalo salah baca soal ._. , sehingga ganti dikit dan AC. lalu liat soal C batasan diturunkan maka coba ngeattemp soal C hingga ngoding lumayan panjang dan niat sekitar 200 baris-an hingga 15 menit terakhir aku baru sadar kalo aku salah baca soal ..... !!!!!!!!!!! Sungguh menyedihkan hasil Toki Open Contestku ._. cuma AC 1 dan kalo gk salah dengar ada belasan Anak Pelatnas yang AC 2 soal dan ada 1 orang imba yang AC 3 soal yaitu siapa lagi kalo bukan FWP ...

Day 7 (31 September Oktober 2016)

Tak ada yang spesial hari ini , hanya psikotes yang harus diikuti dan melelahkan . Setelah itu bebas .

Day 8 (2 Oktober 2016)

Hari ini ada jalan-jalan ke Lembang tepatnya ke Floating Market dan juga ke Borneo Adventure Park. Outbond di Borneo Adventure Parknya diawali dengan ice breaking yang menurut saya gaje ._. . tapi ya sudahlah , dibagi 4 kelompak lalu ada lomba-lomba sehingga kami jadi kelompok ke 2 yang main outbound. Outbondnya ada 3 yang diperbolehkan . yang berjalan di udara (?) (ada kayu kayu yang terpisah) (?) (gk bisa jelasin xD tar ada gambarnya dibawah) , lalu yang kayak manjat gitu tapi dia malah kesamping (?) (tar ada fotonya deh) sama flying fox .

Maafkan saya jika Anda ada di foto tersebut, keliatannya gk menyerakan tapi ketika anda diatas sana... anda baru tau sensasinya xD
ini gak gitu seram sih tapi tangan pasti pegel
Yups Yehezkiel disini pas saya lagi diatas ketakutan saya diejek + diketawain . Hingga akhirnya dia daitas dan merasakan apa yang kurasakan :") . Btw Yehezkiel teriaknya keren xD. Outbond nya berakhir dengan sial bagi Kak Vincent dan Kak Turfa(Kalo gk salah) karna pas mereka lagi main tiba tiba hujan datang. Dan terpaksa diberhentikan. Setelah itu kami dikasih waktu 15 menit untuk berjalan jalan disana dan untuk pertama kalinya saya mencoba Tahu Bulat :v ,(di batam gk ada , tapi saya dengar dari ortu saya pas saya balek di pelatnas kalo tahu bulat dah ada  di Batam ._. ) dan rasanya enak sekali ampe beli sekitar 25-30 an(?) . Siap itu kami berkumpul kembali untuk balek ke penginapan dan mempersiapkan diri untuk dibantai di minggu selanjutnya.


Maap tulisan saya jelek mau di dunia nyata maupun disini xD.

Komentar

  1. mantap reyy,,,,, lanjutkan tulisanya... ketawa ketawa aku baca... ditunggu part 2 nya, gak sabar aku tunggu...
    btw semangat P2 nya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh baru sadar kalo ada yang reply post ini :') , terhura , ty ya ,semangat buat osnmu taun depan wkwkkw

      Hapus
  2. minta bagian p2 nya kaka m(_ _)m

    BalasHapus
    Balasan
    1. diusahakan minggu depan , kehidupan di dunia nyata lagi menyedihkan :')

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pak Dengklek Cari Masalah Di Palembang (OSN 2016) (Part 3)

OSN part 1 (Pelatihan)

ICPC 2018 Nakhon Pathom