Pak Dengklek Cari Masalah Di Palembang (OSN 2016) (Part 2)

Day 4

Pagi Ini ada yang berbeda. Saat saya di bus dan bus masih belum berangkat , terdengar teriakan "Maling! ,Maling!" dan saya melihat ada seseorang yang keluar dari daerah hotel dengan mengambil barang * (saya gk yakin , dan gk jelas) lari hingga ke sebrang jalan. Setelah itu saya kurang mengerti gimana tapi di seberang jalan saya sudah melihat banyak polisi.

Bus berangkat dan tiba di lokasi , Untuk Kursi saya mendapat t2 yang dimana letaknya di depan kursi 7 (Osn Day 1) dan Kursi 7 letaknya didepan kursi 12 (OSN day 0) ,  "Apakah ini suatu kebetulan ? Saya rasa tidak " (mengikuti gaya gaya cocoklogi) . Langsung Saja Untuk Soal Day 2 yang bisa bikin kepala stress

List Soal :
Robot Pempek (Rempek) (Dp + graph(BFS (?) )
Belanja Suvenir (Binser + greedy (Sliding windows (?) )
Wisata Palembang (Output Only) (Brute force at it finest)

Sejujurnya untuk day 2 ini , 2 jam pertama saya hampir nangis karna soalnya yang terlalu susah :') , kodingan robot pempek saya ngalami Bug. Ide Saya untuk kodingan Robot Pempek ini adalah kita bikin dulu setiap titik itu kemana... misalnya kalau ada ikan belida di titik 1,1 maka kita bikin setelah di titik 1,1 rute yang memungkinkan kemana misalnya ke 2,2 lalu dari 2,2 ke 2,3 , disimpan gitu jadi
x[1][1] = 2, y[1][1] = 2 , baru entar disimulasikan dengan rekursi , kalo misalnya gk bsa jalan dibikin -1 gitu yang artinya berhenti cara saya yang ini membutuhkan k^2 ,dan untuk setiap Q kita cari yang mana paling dekat jaraknya ke k jadi kompleksitasnya O(K^2 * Q) . Dan ini kena bug :') , cuma ampe subtask 2.  Lalu saya ke Soal Belanja Suvenir , saya liat batasannya , N<= 2juta , udh yakin saya ini pasti greedy , tapi gimana cara codingnya , lalu saya kepikiran menggunakan Binser untuk cari panjangnya, lalu kita simulasikan dengan N^2  sehingga Kompleksitas Menjadi (N^2 Log N) . Untuk solusi acceptednya untuk simulasikan tiap Log N itu hanya perlu N dan saya gk kepikiran idenya . Untuk Soal Wisata Palembang , saya manualkan , jujur ini soal susah banget , saya mau coding juga gk ngerti gmana ngodingnya , jadi saya manualkan dan cuma bisa lewat 2 subtask. Waktu Sisa 1 jam dan Scoreboard Sudah Di Freeze. Dan A saya masih ngebug dan hingga 15 menit terakhir saya baru sadar bugnya dimana yaitu codingan saya tidak ngehandle Case dimana K  = 1 dan setelah itu diubah saya dapat nilai 59 , sebenarnya A saya dapat ide untuk subtask 6 , tapi karna bruteforce subtask 5 saya aja gagal jadi saya malas mikir lebih lanjut. Waktu Selesai dan berakhirlah sudah.

Kami semua dikumpulkan kembali di lantai 5 , tempat briefing dll , kali ini kami dikasih liat scoreboard kami saat di freeze dengan Lambang Frozen(Disney (?) ) :v . Saya berada diurutan ke 10 :'v , padahal nilai saya lumayan ancur di day 2 , ini cuma 100 lebih. Scoreboard dapat diakses di
di sini

Lalu di sana dikumpulkan lalu ada acara nyanyi + piano oleh salah dua peserta OSN (?) (Kalo salah maafkan) dan Kak Ali ikut karna disuruh (Baca : Dipaksa ) temannya .Setelah itu dikasih tau solusinya dan disini mungkin akan saya bahas solusi A saya yang saya pikirkan setelah Kontes Berakhir

Untuk Solusi A ini , kita dapat menggunakan graph apa gitu namanya (Lupa , ada dikasih tau pas diberitau solusi) jadi misal kita ada di titik 1,1 maka kita langsung ke titik terakhir (misal untuk contoh di atas langsung ke 3,2) dan itu membutuhkan K kali Operasi , lalu Untuk Q nya kita dapat BFS dari setiap K , kita itung Jarak Terdekat dari suatu Kordinat Ke K itu seberapa jauh , lalu cari yang terdekat , kalo misalnya ada suatu kordinat dimana jarak ke K1 =  jarak ke K2 , maka dipaastikan dia berhenti disana jadi kompleksitasnya O(N*M + K) (Saya gk tau ini benar atau gk , kalo saya salah Maafkan)

Untuk Solusi B seperti yang saya katakan Kompleksitasnya Harus O(N Log  N) , Time limit soal ini awalnya 1.5 S tapi karna katanya 1.5 S solusi N^2 mendapatkan Accepted , maka diturunin menjadi 1 S

Dan Untuk Solusi C , katanya solusi Juri adalah Bruteforce dan Menuggu Hingga 3.5 Jam dan itu hanya mendapat nilai 90 + (keren :v ) , lalu kepikiran gimana coba bikin testcasenya :'v


Setelah itu balek dan malam harinya dikasih tau bahwa jalan-jalannya sendiri untuk besok :'v

Day 5
Ceritanya Hari ini Kontigen Kepulauan Riau akan ke jembatan ampera bersama ,Cuma anak Astro dan Fisika  gk ikut kalo gk salah (?). Kami yang dari Hotel Daira Ber4 naik Taxi  Ke Hotel Grand Duta baru Dari Grand Duta jalan kaki ampe ke Ampera dan ternyata lumayan jauh (?) :'v . Sebelum Sampai Ampera , kami tiba di suatu museum .. lupa namanya lalu pas kami mau masuk ternyata museumnya lagi tutup , jam makan siang katanya ,jadi kami gk pergi , di sana ada yang jual perlengkapan OSN dan disana ak ketemu Medali Palsu (?) :"v , dan ak beli 1 buat seseorang (Cowok ,Teman Gay aku) .


Penampakan
Disini Kontingen Kepri Misah karena yang cewek masih mau belanja dan kami sebagai cowok yah memilih untuk jalan-jalan terlebih dahulu :v . Tiba Di seblah jembatan ampera dan tidak menemukan sesuatu yang bagus aku menyarankan ke Pasar 16 Ilir buat liat liat karna muncul di soal OSN jadi penasaran . Dan ternyata gk ada yang menyenangkan juga akhirnya kami balek ke tempat awal sambil cek apakah mereka udh siap atau belum dan terntayata udh siap , lalu kami milih makan KFC(jauh jauh kepalembang malah makan KFC :v ) , setelah itu kami pergi Ke museum perjuangan rakyat dan ketemu anak Jogja (?)  , lumayan la museumnya , lumayan buat ngademnya :'v .  lalu karna udh waktunya salat , yang lain pada salat , kami nunggu diluar ,dan jujur ini pertama kalinya ak ke masjid (?) :'v , dan ternyata masjid itu gini toh (?) (biasanya hanya liat di foto, atau liat dari luar aja) . Setelah itu kami mau balek tapi sebelum itu mau beli oleh oleh dulu di Pasar 26 Ilir (aku baru tau ada pasar 26 :v ) disana kami nyoba makan pempek-pempek tapi karna perutku yang mmasih kenyang karna KFC , aku gk makan jadinya. Lalu balek ke Grand Duta dan karna pada Mau Nonton X-Men jadi kami Ke PIM buat Nonton X-Men. Siap itu baru balek ke Daira, dan mengikuti Pendidikan Karakter. Seperti biasanya pendidikan karakternya membosankan , dan ada sesi dimana tiap bidang menyampaikan pesan dan kesan dan semuanya hampir berupa protes terhadap masalah masalah yang terjadi di palembang dan banyak yang mengtakan OSN taun ini paling worst dari OSN OSN sebelumnya. Lalu ada penjelasan tentang besok pas penutupan , pas pengalungan medali. Habis pendikar kami disuruh ke lantai 5 buat ngambil setrifikat + beasiswa (?)

Entah kenapa sampai sini , saya jadi bosan lanjutin jadi , untuk day 6 nya ditunggu di post lain ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pak Dengklek Cari Masalah Di Palembang (OSN 2016) (Part 3)

OSN part 1 (Pelatihan)

ICPC 2018 Nakhon Pathom