OSN part 1 (Pelatihan)

Jadi setelah beberapa hari stelah pengumuman kan sekolah ngadain study tour ke Bandung

Saya kan orang deso , jadi baru pertama kali ke bandung , pas disana itu sekitar 2 -3 hari dapat pemberitahuan dari papa ku , di kirim lewat pesbuk , katanya sekolah manggil papaku gitu lalu dikasih tau mau dikasih ikut pelatihan osn ke bandung , yah ke Bandung lagi :v  wkwkw , jadi 2 kali ke bandung
pelatihan di bandung itu namanya ALC  (Active Learning Club ) di daerah gedung sate sana la tmpatnya di sana aku sekamar ma Wu william dan Degoldie Sonny (Anak jakarta :'  + IMBAA!!!!!)
disana dikasih buku komputer yang aku gk mengerti isinya apa , covernya dicuri dari 9gag tentang Computer Science.. hari pertama itu belajar belajar dikit , dikasih kertas ditanya seberapa kemampuan aku dalam berbagai bidang liat ada brute force , data strucuture dll , bingung smua gk ngerti artinya apa akhirnya aku isi 2 1 0 0 0 0 , biar gk keliatan nub bnaget :'v
jadi hari pertama itu belajr brute force ane gk ngerti sama skali kerjain soal perang dunia 3 (osn 2014) , reduksi pesan (osn 2014) , sama kalo gk salah bebek istimewa (osn xxxx) , ngerjain pake brute force , untuk soal prang dunia 3 aku agak bingung dan gk pande ngodingnya ,mana style ngoding aku gk pernah pake tab :'vv .... , jadi bingung dan ak jga pemalu dalam hal bertanya ... jadi terkahirnya didatangi ma kak mamat (pelatih , aku panggilnya entar kak , entar bang , entar pak -_- , gk konsisten aku :v ) lalu soal reduksi pesan , ternyata ak bisa :v yee !! !dan yang terakhir  soal bebek istimewa ini bingung banget , mana rekursinya pake procedure gitu , sakit kepala mikirnya :'v.. yang jelas brute force itu hari 1 , 2 , 3 , hari keduanya ada motivasi  , lalu belajar permutasi , kombinasi , backtracking , dan skrg saya sudh hampir menguasai brute kecuali yang ... generate subset + bitmask gaje  itu....


lalu ada belajar dfs dan bfs , ak  gk ngerti sma skali , gunakan record gitu , sama skali bingung , kalo skrang disuruh kerjain kayaknya ak dah bsa :v ...

lalu belajar DP , yang knapsack sama yang LIS  dan  smpe skarang masih bingungg.....

belajar prefix sum juga dimana prefix sum itu buat ac in kontes menari , PD 3 , kak mamat masukin PReffix sum ke data structure (walau kak ensof menatakan itu masuk DP ) sekarang saya dukung kak ensof sih , seharusnya masuk ke DP

lalu belajar Divide and conquer

yang jelas suram banget aku disana , jadi yang paling bodohh

nilai rapor aku




lalu stalah balek dari bandung dengan muka super suramm karna gk ngerti apa apa, galau belajar di rumah speerti biasa dengan jurus otodidak super :v ,, lalu ternyata ada surat lagi dari dinas pendidikan kepri ngadain pelatihan OSN di kota batam Hotel Virgo, guru guru yang datang pun guru guru imba lebih tpatnya dosen ,... sayangnya dosen komputernya (sori) ngajarinnya super singkat  jadinya saya belajr kayak sendiri disedian tempat sih disana tempat belajrnya cuma wifinya gk nyampe jadi saya inisiatif pindah ke lobby sedangkan guruya tetap di ruangan belajar sesungguhnya , di lobby itu ak disuruh kerjain soal osn 2013 dan ada soal kontes menari ,baris berbaris yang udh pernah kukerjakan di alc tapi teknik brute force yang memcahkan subsoal dengan nilai pendek 
singkat cerita pelatihannya udh siappp 
dan siap berangkat ke yogya (gk siap sih sebenarnya))
beberapa facts gaje aja
  • Air bandung dingin banget , gk kuat mandi dengan air sedingin itu :'v , kebiasaan mandi air panas
  • Di bandung makan vege :'vv (Bagi yang gk tau , vege itu vegetarian (gk makan daging) karna skoalh kami skolah beragama buddha dan di buddha diajarkan untuk makan vege karna makan daging dianggapn dengan membunuh )
  • Ke Gramed bandung niat beli buku komputer , jadinya kebeli buku Si Juki (salah satu fans juki :v )
  • Di Hotel virgo , ak sama teman teman dari berbagai bidang pernah nobar comic 8 :v
  • DI hotel virgo pagi sore dapat tehh yee :vv , saama makanan ringan
  • Hampir setiap waktu makan , ak sampai duluan , karna ak blajar sndiri + lobby dekat dengan restorannya , dan yang kedua sampai biasa WU
  • Wu makan itu paling pertama dan siap paling terakhir :vvvvvvvv
  • Minuman Legend disana Orange Juice :vv
  • Hampir setiap hari ke minimarket dekat hotel virgo buat beli M & * ( disensor) coklat gurih :v
  • Pas penutupan pelatihan nunggunya lama banget , banyak yan dh mau balek , tapi stelah ada yan blang , mau dikasih uang pas penutupan , semua mengurungkan niatnya untuk balek
Berlanjut ke part 2 (War at jogja)

Oh ya tentang kenapa diadakan di batam osp nya bukan di TPI karna , 
yang biasa lolos ke OSN itu dari batam

9 perwakilan 8 dari batam 1 dari TPI

sama kayk tahun lalu 2014 8 dari Batam 1 dari TPI

TPi = tanjung pinang








Komentar

  1. wow .. BAHASA INDONESIA lu SEMPURNA jeleknya :v ..
    lupakan aj itu :v

    nice story .. cepat tulis part 2 nya .. seru :v (beneren .. pingin tau siapa yang mati di perang :v)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pak Dengklek Cari Masalah Di Palembang (OSN 2016) (Part 3)

ICPC 2018 Nakhon Pathom